Kamis, 28 Januari 2010

Manfaat Petai

Kita tentu mengenal petai, bahan makanan yang memiliki aroma khusus, karena baunya kurang sedap. Namun di balik itu, petai punya manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Di dalam kandungan petai, ada tiga macam gula alami, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dikombinasikan dengan serat.

Kombinasi kandungan ini mampu memberikan dorongan tenaga (sumber energi) yang alami, namun cukup lama dan cukup besar pengaruhnya.

Berdasarkan hasil penelitian, dua porsi petai mampu memberikan sumber tenaga yang cukup melakukan aktivitas yang tergolong berat selama 90 menit.

Jangan heran jika petai buah yang disukai para atlet top. Riset membuktikan, petai tidak sekadar memberi energi, juga mampu mencegah, bahkan mengatasi berbagai macam penyakit dan kondisi buruk. Petai menjadi salah satu bahan cukup penting dalam makanan kita sehari-hari. Berikut, beberapa manfaat petai dalam mengobati berbagai penyakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan Institute of Psychology, Austria, menemukan bahwa tekanan pada saat kerja akan menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan, seperti cokelat dan keripik. Mencermati 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan, pada umumnya orang menjadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.

Laporan juga menyimpulkan, untuk menghindari nafsu mengkonsumsi makanan karena panik, kita membutuhkan pengendalian kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan agar kadarnya tetap. Berdasarkan penelitian di Austria, petai bisa me­ngendalikan kadar gula dalam darah.

Sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal berjudul The New England Journal of Medicine, menyebutkan bahwa mengkonsumsi petai sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian yang disebabkan penyakit stroke sampai 40 persen.

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata petai dapat mengatasi rasa kekenyangan, mual di pagi hari, penyakit emosional yang kacau, untuk penyakit saraf, gigitan nyamuk.

Jika dibandingkan dengan buah apel, ternyata petai memiliki kandungan karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, protein empat kali lebih banyak, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, serta dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.

Sumber :
http://www.rmexpose.com/detail.php?id=3863, dalam :
http://masenchipz.com/manfaat-petai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar