Kamis, 28 Januari 2010

Menghilangkan aroma jengkol?

Tips menghilangkan bau jengkol:
1. Rebuslah jengkol bersama abu gosok lalu cuci bersih
2. Pendam jengkol dalam tanah selama dua hari

Hasilnya seperti apa??? jujur yang saya alami langsung adalah tips pertama, karena dulu ibu saya yang mengajarkan, tapi ternyata tidak ada satu orangpun anaknya yang menggemari makanan itu.
Sedangkan tips yang kedua, saya ketahui dari pengalaman orang-orang di tanah pasundan dalam mengolah jengkol sehingga memiliki rasa yang khas dengan resep "Opor Jengkol".
sumber :
http://mlukman.multiply.com/journal/item…

Jika anda sedang merebus jengkol untuk anda jadikan semur atau rendang, maka bau jengkol yang anda masak akan merambah kemana-mana. Untuk menghilangkan bau jengkol ketika dimasak, maka masukkan segenggam tanah liat kedalam rebusan jengkol tadi. Selain menghilangkan bau jengkol, tanah liat tersebut juga mempercepat jengkol anada empuk.
sumber : http://www.perempuan.com/index.php?ar_id…


Saat makan jengkol, kita khawatir kalau akan BAK atau BAB. Nah, agar tidak bau, sebelum diolah bersama dengan bumbu, rebuslah jengkol dengan abu padi atau daun mangkok (cara nang tulang).
sumber : http://myquran.org/forum/index.php?topic…

'Mereka biasa menghilangkan bau jengkol dengan merebusnya bersama air kapur atau air dari rebusan tangkai padi,''
sumber : http://kulinerkita.multiply.com/reviews/…

jengkol balado : klo biar empuk sih jengkol sebelum di goreng, terlebih dahulu direbus sama kulit2 nya dan setelah itu di kupas >dibelah dua> lalu diketok (digepengin pake cobek jg bisa)...baru dehh di goreng....slamat mencoba....


Sumber :
Edyguard
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20071128232852AAwcf6p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar